My Profile

R3_G@'s BloG
Join Now !!!! Cara Mudah Dapat $DOLLAR$ klik dan daftar di sini


DonkeyMails.com: No Minimum Payout
07.52

Tugas PLLB

1. Diketahui pertambahan 500.000 penduduk, memerlukan 25% pemukiman dan 10% perikanan(1000ton)( 2kg/thn/penduduk). Dalam 1 tahun (12 bulan) lahan basah yang terpakai sebanyak 35%. Agar luas lahan basah habis maka :

Pertambahan penduduk setiap bulan :

500.000 : 12 bulan = 41.666 orang
Pemakaian lahan basah :

12 bulan = 35%
1 bulan = 35% : 12 = 2,9%
Agar Lahan basah yang digunakan sebanyak 100%, maka :
100% : 2,9% = 34,48 dibulatkan menjadi 34,5 41.666 x 34,5 = 1.437.477 orang
Jadi, lahan basah habis pada jangka waktu 34,5 bulan atau 2 tahun 10 bulan 15 hari dengan jumlah penduduk 1.437.477 orang.


2. 10 parameter yang paling berpengaruh terhadap eksistensi rawa lebak tersebut berdasarkan pengamatan yang pernah saya lakukan : persawahan, transportasi, pertanian, pemukiman, mata pencaharian, perkebunan, MCK, penampung air, rekreasi(pemancingan) dan perikanan.





3. href="file:///C:%5CUsers%5Cnew%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_filelist.xml">10 parameter yang paling berpengaruh terhadap eksistensi rawa lebak tersebut berdasarkan pengamatan yang pernah saya lakukan :

Fungsi Lahan Basah

Nilai

Penjelasan

Pemukiman

3

Pembangunan pemukiman di kawasan rawa sekarang ini sudah sangat berlebihan. Sehingga kawasan rawa yang ada telah banyak mengalami pengurangan wilayah. Kemungkinan terburuk adalah rawa yang ada di daerah tersebut akan habis dan digantikan dengan pemukiman

Pertanian

8

Pembangunan pemukiman di kawasan rawa sekarang ini sudah sangat berlebihan. Sehingga kawasan rawa yang ada telah banyak mengalami pengurangan wilayah. Kemungkinan terburuk adalah rawa yang ada di daerah tersebut akan habis dan digantikan dengan pemukiman.

Perkebunan

7

Penggunaan kawasan rawa sebagai perkebunan bukanlah hal yang berdampak negatif. Sebab, rawa yang ada hanya sebagian kecil saja yang diurug dengan tanah. Sebagian lainnya tetap ada di tepi-tepi area yang akan dijadikan perkebunan itu tetap ada. Sehingga tidak merusak keaslian dari rawa itu sendiri.

Pemakaman

3

Sama halnya seperti pemukiman, penggunaan rawa untuk pemakaman ini juga dapat mengurangi area rawa yang telah ada. Namun, penggunaan daerah rawa sebagai pemakaman di Tungkaran ini hanya sebagian kecil saja. Sebab, di daerah ini hanya terlihat di pinggiran jalan saja.

Perikanan

6

Tidak berdampak buruk. Sebab, sebagian besar ikan yang hidup di kawasan ini adalah ikan air tawar yang senang berada di antara tumbuhan khas rawa, misalnya saja eceng gondok dan teratai. Bahkan sisa pembuangan oleh ikan itu sendiri dapat menambah unsure hara yang terkandung di dalam rawa, sehingga tanaman yang ada di rawa tersebut dapat tumbuh dengan baik.

Sarana Transfortasi

5

Penggunaannya untuk sarana transportasi bukanlah sesuatu hal yang dapat mengurangi kawasan rawa yang ada. Sehingga baik rawa maupun ekosistem yang ada di dalamnya tidak terganggu. Sebab di daerah ini transportasi yang digunakan adalah perahu kecil. Namun, emisi dari kendaraan bermotor yang melintasi kawasan ini dapat mencemari daerah rawa Tungkaran ini.

Mata Pencaharian

9

Pengambilan ikan dan hasil alam yang ada di dalamnya tidak merusak keaslian rawa Tungkaran. Namun, pengambilannya secara berkala tanpa adanya pembaharuan dan pelestarian kembali juga dapat edikit mengurangi hasil alam yang terdapat pada rawa tersebut.

MCK

7

Sisa-sisa dari pembuangan limbah manusia yang berada di sekitar rawa sebagian kecil dapat memberi manfaat bagi tanaman yang ada di dalamnya. Namun, sebagian besar dapat merusak ekosistem yang hidup di kawasan ini (penggunaan diterjen).

Penampung Air Hujan

8

Sama sekali tidak mempengaruhi keadaan rawa serta habitat yang ada. Sebab, penggunaan rawa untuk penamoungan air hujan malah dapat mencegah terjadinya banjir yang kemungkinan dapat melanda kawasan tersebut.

Rekreasi (Pemancingan)

9

Konversi dari kawasan rawa sebagai daerah wisata, misalnya saja daerah untuk pemancingan bukanlah hal yang buruk. Sebab, penggunaan kawasan yang ada sebagai daerah pemancingan tidak berdampak negatif bagi daerah rawa yang ada. Kemungkinan yang ada adalah menambah penghasilan bagi penduduk yang memiliki tempat atau daerah yang digunakan sebagai kawasan pemancingan.


0 komentar: